All posts by kimia

18Sep/20

Studi Banding HIMAKI “Zirkonium” dengan HMDK UI

HIMAKI “Zirkonium” telah selesai melaksanakan salah satu program kerja yaitu studi banding dengan tema “Refresh Your Mind, Build a Relation and Give Experinces to Each Others to Improve Organization Performance of HIMAKI “Zirkonium” 2020” dengan  HMDK UI melalui platform Big Blue Button (BBB) dan juga melalui Google Meet. Hasil yang didapatkan dalam studi banding diharapkan bisa memberikan inovasi terbaru bagi HIMAKI “Zirkonium” maupun HMDK UI dalam mengembangkan berbagai proker kedepannya.

HMDK UI memiliki susunan kepengurusan yang berbeda dengan HIMAKI “Zirkonium”. HMDK UI memiliki 4 biro yang terbagi atas biro humas, biro kewirausahaan, biro kestari dan biro litbang serta memiliki 7 departemen yang terbagi atas Departemen PSDM, Departemen Keilmiahaan, Departemen Seni budaya, Departemen Olahraga, Departemen Sosmaling, Departemen SIAR 03 dan Departemen Kesma. HIMAKI “Zirkonium” sendiri terbagi menjadi 6 bidang yaitu Bidang PO (Pengembangan Organisasi) yang terbagi atas Departemen Internal dan Departemen Eksternal, Bidang PP (Pendidikan dan Penalaran) yang terbagi atas Departemen Akademik dan Departemen Litbang, Bidang Danus (dana dan usaha), Bidang Pemas (Pengabdian Masyarakat), Bidang Infokom (Informasi dan Komunikasi) dan Bidang Logistik.

HIMAKI “Zirkonium” mengucapkan banyak terima kasih kepada HMDK UI atas waktu dan partisipasinya terhadap studi banding yang dilakukan oleh HIMAKI “Zirkonium”. Kami berharap bisa berjumpa secara tatap muka dengan HMDK UI, kami tunggu kedatangannya di Jember.

18Sep/20

HIMAKI “Zirkonium”: Sharing Bersama Alumni Kimia

HIMAKI “Zirkonium” telah melaksanakan acara Sharing alumni pada tanggal 15 – 16 Agustus 2020. Acara ini memiliki tujuan selain untuk menjalin silahturahmi dengan alumni kimia juga untuk Sharing pengalaman dari para alumni kimia yang menjadi pemateri dalam acara Sharing alumni. Anggota kimia maupun alumni kimia banyak yang bergabung dalam acara yang diselenggarakan secara daring melalui platform Google Meet.

Pemateri yang mengisi acara Sharing alumni selama dua hari antara lain yaitu:

  • Hari Pertama tanggal 15 Agustus 2020:
  1. Andhika Ade Kurniawan (Pengalaman lolos CPNS)
  • Hari Kedua tanggal 16 Agustus 2020:
  1. Istiqomah Rahmawati (Meraih Beasiswa LPDP)
  2. Yuda Pradista (Water Treatment Industri (PT. Ecolab International Indonesia))

Sharing alumni yang telah dilaksanakan diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi anggota kimia untuk berproses setelah kehidupan perkuliahan. Anggota kimia juga diharapkan dapat menerapkan tips – tips yang telah diberikan oleh mas dan mbak alumni. Semoga kedepannya bisa bertatap muka secara langsung dengan mbak dan mas alumni yang lainnya. Berikut merupakan sedikit dokumentasi pada saat acara Sharing alumni:

18Sep/20

TIPS MENJADI ENTREPRENEUR MUDA

Trend membuka usaha secara online maupun offline saat ini sangat meningkat akibat dari pandemi yang sedang terjadi. Banyak bermunculan beragam produk makanan maupun pakaian dengan berbagai variasi dari masing – masing produk. Untuk mewujudkan usaha yang terus berkembang maju, salah satunya adalah melalui niat, tidak pantang menyerah dan selalu menciptakan ide – ide yang kreatif.

HIMAKI “Zirkonium” memiliki program kerja yang memfokuskan anggota kimia untuk membentuk sikap sebagai seorang entrepreneur. Program kerja tersebut adalah “Chem Entrepreneurship” yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 5 September 2020. Acara Chem Entrepreneurship kali ini dilakukan secara daring dikarenakan pandemi yang masih berlangsung dengan mengangkat tema “How to be a young Entrepreneurship as a Chemist in Era Revolution 4.0”. Pemateri yang mengisi acara Chem Entrepreneurship yaitu:

  1. Riski Nur Ilahi (Founder Sky Group & Event Jember)
  2. Moedjiono (Owner UD Graha Sentosa & Dafi Catering dan Director of PT Primer Inti Rasa & Bumdes).

Acara yang berlangsung mendapat banyak apresiasi dari anggota kimia yang hadir untuk mengikuti jalannya acara. Materi yang disampaikan oleh pemateri pertama (Riski Nur Ilahi) berkaitan dengan sikap kita sebagai seorang entrepreneurship untuk menghadapi resiko menjadi entrepreneurship itu sendiri. Salah satunya adalah dengan mengembangkan pola pikir yang kita milik. Mengenal diri sendiri dan memulainya dari hal – hal kecil juga merupakan salah satu tips yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sikap entrepreneurship. Aksi untuk selalu tidak menyerah pada apapun yang dihadapi juga merupakan aspek penting dalam bersikap sebagai seorang entrepreneur.

Pemateri kedua juga tidak kalah penting dalam menyampaikan materi yang berkaitan dengan bagaimana caranya memulai sebuah usaha dan mencari peluang yang ada untuk membuka usaha. Beliau mengatakan kita harus memiliki niat yang kuat, memiliki jiwa pengusaha yang mampu melihat situasi atau kondisi yang terjadi, selalu memiliki pikiran yang positif, pantang menyerah, berani untuk mengambil resiko yang ada dan tidak menyerah untuk terus belajar. Hasil yang didapat yaitu dapat menjadikan diri kita sebagai manusia yang bermanfaat bagi orang lain serta kita dapat membuka lahan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan.

Dari acara Chem Entrepreneurship yang berlangsung, diharapkan bagi semua peserta dapat mengambil banyak ilmu dan pembelajaran dari materi – materi yang telah disampaikan oleh pemeteri – pemateri yang hebat dan selalu mampu untuk menjadi orang – orang yang berguna bagi orang lain. Dibawah ini ada sedikit dokumentasi mengenai acara Chem Entrepreneurship

18Sep/20

KEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS LEWAT PELATIHAN PKM

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Di dunia perkuliahan sangat dibutuhkan kemampuan untuk menulis terutama dalam menulis sebuah proposal, jurnal, karya ilmiah, artikel, laporan dan sebagainya. Kebanyakan mahasiswa masih kurang memahami bagaimana penulisan karya tulis yang baik dan benar. Kemampuan menulis secara baik dan benar dapat diperoleh dari banyaknya latihan menulis dalam hal – hal kecil dan seringnya membaca jurnal, artikel ilmiah dan sebagainya. Kebiasaan itu dapat membentuk diri untuk mengetahui bagaimana susunan membuat suatu laporan, jurnal, artikel ilmiah yang baik dan benar.

Saat ini banyak sekali diadakan lomba LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Naional) dengan tema yang bermacam – macam. Pelatihan PKM juga dapat dikatakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan dalam menulis. HIMAKI “Zirkonium” memfasilitasi anggota kimia untuk membuat PKM berdasarkan kelompok yang dipilih sendiri oleh anggota kimia. Pelatihan PKM I HIMAKI “Zirkonium” dengan tema “Meningkatkan Motivasi dan Mutu Karya Ilmiah yang Diwujudkan dalam Kegiatan Pelatihan PKM Menuju PIMNAS 2020” telah terlaksana pada tanggal 20 Juni 2020 melalui platform Big Blue Button (BBB) dan mengundang Mbak Meida Cahyaning Putri (Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember 2019) sebagai pemateri.

Mbak Meida banyak memberikan tips – tips mengenai cara mencari judul yang baik dan benar dalam penyusunan proposal PKM selain itu, juga memberikan bagaimana cara untuk menyusun proposal PKM yang baik dan benar sesuai buku panduan penulisan PKM. Pemateri juga memberikan tips agar proposal PKM yang ditulis dapat lolos didanai oleh DIKTI. HIMAKI “Zirkonium” mengharapkan supaya proposal PKM yang diajukan bisa lolos didanai oleh DIKTI.

HIMAKI “Zirkonium” mengucapkan selamat dan sukses kepada anggota kimia yang lolos pendanaan PKM. Kelompok yang lolos pendanaan dengan judul “Gas Sensor Array sebagai Electronic-Nose untuk Karakterisasi Aroma Kopi Robusta Garahan dengan Gas Nitrogen sebagai Gas Pembawa” dengan Ibu Asnawati S.Si., M.Si sebagai dosen pembimbing. Adapun susunan kelompok yang lolos didanai adalah sebagai berikut:

  • Ketua: Reza Elfadilah S dari Kimia 2017
  • Anggota:
  1. Niken Ayu K.W dari Kimia 2016
  2. Firda Nur Faizah dari Kimia 2016