All posts by mahakaryakimi

12Jul/18

TSM Solusi Pupuk Organik yang Ramah Lingkungan

Rabu 11 Juli kemarin mahasiswa Kimia FMIPA Universitas Jember yang tergabung dalam Himpunan Mahasiwa Kimia “Zirkonium”  melakukan sosialisasi penggunaan pupuk organik  TSM ( Tirta Sari Mina ). Yang merupakan produk  hasil riset dosen jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember, yaitu Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D bersama  Agung Budi Santoso, S.Si., M.Si . Pupuk ini adalah pupuk yang teribuat dari hidrolisat ikan lemuru yang bahan bakunya didapat dari daerah Muncar, Banyuwangi. Pupuk TSM berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Selain itu karena terbuat dari bahan organik pupuk TSM juga dapat digunakan sebagai suplemen penambah nafsu makan dan nutrisi bagi hewan ternak.

Menurut Rambe selaku ketua panitia dari acara SPO (Sosialisasi Pupuk Organik). Acara sosialisasi sendiri dilaksanakan pada hari rabu pukul 19.00 di Desa Sidodadi, Tempurejo, Jember yang diikuti oleh beberapa kelompok tani yakni Kelompok Tani Margo Rahayu 2, Kelompok Tani Margo rahayu 3 desa Andongsari Ambulu Jember.

Dua minggu sebelum dilakukannya sosialisasi terlebih dahulu dilakukan demplot (demonstrasi plot) yaitu para kelompok tani diberi sampel pupuk TSM untuk diuji coba pada tanaman. Hal ini dilakukan untuk dapat mempermudah para petani mengenal terlebih dahulu produk TSM.. Kemudian tim dari SPO melakukan sosialisasi kembali mengenai teknis penggunaan dan manfaat pupuk TSM. Dari acara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan petani baik pengetahuan dasar dan keterampilan serta dapat meningkatkan produktifitas dengan menghasilkan pertanian yang lebih perkualitas, dan mampu menjaga agar kondisi lahan pertanian tetap baik.

 

 

 

04Jul/18

Acetone; OKI Se-Jawa Timur, Bali dan Seminar Nasional

Acetone (all chemistry in action) merupakan salah satu acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) “Zirkonium” Universitas Jember. Acetone merupakan serangkaian acara yang meliputi Olimpiade Kimia Indonesia dan Seminar Nasional. Acara ini sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan profesionalitas, baik untuk mahasiswa maupun sasaran kegiatan. Olimpiade Kimia Indonesia (OKI) merupakan bagian dari rangkaian acara Acetone. OKI dilaksanakan dengan cakupan siswa SMA/SMK/MA/sederajat se-Jawa Timur dan Bali. Melalui OKI dapat dilihat partisipasi aktif mahasiswa dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang diwujudkan dalam kompetisi di cabang ilmu kimia. OKI ini juga sebagai wadah untuk ajang bertukar pikiran mengenai ilmu pengetahuan terutama dalam bidang ilmu kimia. Siswa diharapkan akan lebih termotivasi untuk menekuni, mendalami dan pada akhirnya mengembangkan ilmu kimia yang telah ada sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Continue reading