All posts by mahakaryakimi

21Sep/18

Olimpiade Kimia Indonesia Se-Jawa Timur dan Bali Membawa Hasil Mengejutkan

Olimpiade Kimia Indonesia (OKI) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) “Zirkonium” Universitas Jember. Setelah tahun lalu terfokus di Jawa Timur, kali ini HIMAKI melebarkan sayap ke Bali. Dibukanya rayon baru ini menambah jumlah rayon menjadi delapan, yang meliputi: Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Pasuruan, Kediri, Madura, dan Bali.

Sebanyak 89 tim mengikuti babak penyisihan pada Minggu (9/9) serentak di delapan kota rayon. Lima belas tim yang lolos babak penyisihan mengikuti babak final di gedung Jurusan Kimia Universitas Jember pada Sabtu (15/9) . Dari tes tulis hingga tes praktikum, terpilih lima tim yang lolos babak final, diantaranya adalah SMAN 2 Lumajang (2 tim), SMA 4 Denpasar, SMAN 1 Sooko, dan SMAN 3 Malang. Continue reading

09Sep/18

Babak Penyisihan OKI 2018

Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) “Zirkonium”, tahun ini mengadakan kembali OKI (Olimpiade Kimia Indonesia) yang merupakan acara tahunan dimana acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Aceton (All Chemistry in Action). OKI sendiri adalah sebuah ajang kompetisi dibidang kimia yang ditujukan untuk para siswa SMA/SMK sederajat se Jawa Timur – Bali. Dalam Pelaksanaannya OKI sendiri terbagi menjadi 3 babak yaitu babak penyesihan, babak semifinal dan babak final. Untuk babak penyisihan, dilaksanakan serempak pada hari ini 9 September 2018 di 7 region yaitu Jember, Pamekasan, Bali, Banyuwangi, Pasuruan, Probolinggo, dan Kediri. Pagi tadi sekitar pukul 07.00 peserta yang merupakan tim beranggotakan dua orang melakukan registrasi ulang di masing-masing regionnya. Continue reading

01Sep/18

“Nasrul Amaliyatun” Kembangkan Desa Labuhan Ratu VI Melalui KKN Kebangsaan

Universitas Jember pada KKN gelombang II tahun ajaran 2017/2018 berhasil mengirimkan 10 mahasiswanya untuk mengukuti KKN Kebangsaan. Satu diantara 10 orang mahasiswa tersebut adalah Nasrul Amaliyatun Naja, mahasiwa angkatan 2015 Jurusan Kimia, Fakultas FMIPA. Berawal dari seseorang yang dia kenal dan pernah mengikuti KKN kebangsaan sebelumnya, ditambah dengan kecintaanya terhadap sesuatu yang bersifat pengabdian ia pun memutuskan untuk mantap mengikuti tes KKN kebangsaan ini, setelah melalui beberapa tes dan dinyatakan lolos, Nasrul dan 9 orang lainnya pun pada tanggal 26 Juli 2018 resmi diberangkatkan dari Universitas Jember menuju tempat pengabdiannya selama 30 Hari.

Continue reading

12Jul/18

TSM Solusi Pupuk Organik yang Ramah Lingkungan

Rabu 11 Juli kemarin mahasiswa Kimia FMIPA Universitas Jember yang tergabung dalam Himpunan Mahasiwa Kimia “Zirkonium”  melakukan sosialisasi penggunaan pupuk organik  TSM ( Tirta Sari Mina ). Yang merupakan produk  hasil riset dosen jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember, yaitu Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D bersama  Agung Budi Santoso, S.Si., M.Si . Pupuk ini adalah pupuk yang teribuat dari hidrolisat ikan lemuru yang bahan bakunya didapat dari daerah Muncar, Banyuwangi. Pupuk TSM berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Selain itu karena terbuat dari bahan organik pupuk TSM juga dapat digunakan sebagai suplemen penambah nafsu makan dan nutrisi bagi hewan ternak.

Continue reading