Category Archives: HIMAKI “Zirkonium”

12Apr/21

Studi Banding DARING, HIMAKI “Zirkonium” dengan HIMAKI UNIVERSITAS UDAYANA

Bermula diterbitkannya surat edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 perihal Pembelajaran Daring oleh Kemendikbud  serta perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19 oleh BNPB, semua kegiatan di perguruan tinggi harus dilaksanakan secara daring.

Menaati aturan tersebut, HIMAKI UNEJ melangsungkan studi banding dengan HIMAKI UDAYANA secara daring. Acara tersebut berlangsung pada Minggu (11/4/2021) melalui platform Zoom.

Studi banding ini merupakan salah satu program kerja yang dipegang oleh bidang Pengembangan Organisasi (PO) yakni lebih tepatnya oleh departement Eksternal. Kegiatan Studi Banding umumnya dilakukan setiap satu kali dalam satu kepengurusan. Hal tersebut sesuai dengan AD/ART dari Himpunan Mahasiswa Kimia “Zirkonium” Unej pada departemen Eksternal yakni “menjalin hubungan dengan mahasiswa kimia diluar Himaki “Zirkonium”. Tujuan utama dari program kerja ini ialah menjalin tali silaturahmi, meningkatkan relasi dan meningkatkan pengetahuan baik pengetahun akademik maupun organisasi dnegan himpunan kimia diluar Universitas Jember. Studi Banding pada periode kepengurusan Himaki “Zirkonium” tahun 2021 di bawah pimpinan Ketua Umum Iqbal Fatwa. 

HIMAKI “Zirkonium” telah selesai melaksanakan salah satu program kerja yaitu studi banding dengan tema “ Build a Relation and Give Experince For Each Others to Improve Organization Performance” dengan  HIMAKI UDAYANA Hasil yang didapatkan dalam studi banding diharapkan bisa memberikan inovasi terbaru bagi HIMAKI “Zirkonium” maupun HIMAKI UDAYANA  dalam mengembangkan berbagai proker kedepannya.

HIMAKI UNUD memiliki susunan kepengurusan yang berbeda dengan HIMAKI “Zirkonium”. Kami dikenalkan dengan divisi/ bidang yang ada di HIMAKI UNUD yakni terdiri dari :

  • Kerja Inti ( Ketua, Wakil I, Wakil II, Sekretaris, dan Bendahara)
  • Badan Pengawas Harian (BPH)
  • Bidang I (Pendidikan dan Penalaran)
  • Bidang II (Minat dan Bakat)
  • Bidang III (Kesejahteraan Mahasiswa dan Dana Usaha)
  • Bidang IV (Pengabdian Masyarakat)
  • Bidang V (Media Informasi dan Komunikasi)

Sedangkan HIMAKI “Zirkonium” sendiri memiliki 6 bidang yakni terdiri dari:

  • Bidang Inti (Ketua Umum, Sekertaris Umum, dan Bendahara Umum)
  • Bidang PO (Pengembangan Organisasi) yang terbagi atas Departemen Internal dan Departemen Eksternal
  • Bidang PP (Pendidikan dan Penalaran) yang terbagi atas Departemen Akademik dan Departemen Litbang
  • Bidang Danus (dana dan usaha)
  • Bidang Pemas (Pengabdian Masyarakat)
  • Bidang Infokom (Informasi dan Komunikasi)
  • Bidang Logistik

HIMAKI “Zirkonium” mengucapkan banyak terima kasih kepada HIMAKI UNUD atas waktu dan partisipasinya terhadap studi banding yang dilakukan oleh HIMAKI “Zirkonium”. Kami berharap bisa berjumpa secara tatap muka dengan HIMAKI UNUD kami tunggu kedatangannya di Jember.

#TogetherMakeitHappen

04Mar/21

Upgrading Pengurus HIMAKI “Zirkonium” 2021

UPGRADING PENGURUS HIMAKI “Zirkonium” PERIODE 2021

   

Upgrading merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus HIMAKI “Zirkonium” pada awal kepengurusan yang baru terbentuk. Upgrading dilaksanakan setiap tahunnya dengan konsep-konsep yang berbeda. Tujuan dari dilaksanakannya upgrading sendiri adalah untuk mengakrabkan dan mempererat hubungan persaudaraan antar pengurus dan pengurus dengan demisioner ( mantan pengurus satu tahun sebelumnya ).
Upgrading pengurus periode 2021 mengusung tema Start Running to Upgrade Our Unity, Solidarity and Integrity for the better of HIMAKI “Zirkonium”. Upgrading untuk kepengurusan tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2021 yang diadakan melalui zoom meeting. Pelaksaan ini dihadiri oleh seluruh pengurus baru periode 2021. Acara yang dilaksanakan dalam upgrading ini adalah perkenalan setiap pengurus dan game. Upgrading ini dilakukan untuk mengakrabkan antar pengurus supaya pelaksanaan proker kedepannya bisa lebih sukses karena kerjasama antar pengurus yang baik. Upgrading ini merupakan bentuk tahap awal untuk melahirkan jiwa kebersamaan antar pengurus serta rasa senasib seperjuangan.
Acara setelah game adalah acara sharing antar pengurus dengan demisioner. Sebagai pengurus yang masih baru tentunya membutuhkan pandangan, saran, serta masukan dari demisioner yang mana pengalaman mereka sudah lebih banyak dari pada pengalaman pengurus baru. Saran-saran dari demisioner bisa dijadikan pengurus baru sebagai pandangan untuk membuat konsep setiap proker kedepannya dalam satu periode kepengurusan tahun 2021..Akhir acara dilanjutkan dengan pemberian kesan dan pesan antar pengurus serta pengurus dengan demisioner. Kesan dan pesan yang diberikan adalah dalam bentuk gform yang telah dibuat oleh panitia yang dikirim via whatsapp setelah itu pengurus dan demisioner mengirim kepada orang yang bersangkutan. Harapan dari diadakannya upgrading antar pengurus dengan demisioner ini adalah membantu pengurus baru termotivasi dan berani maju untuk mensukseskan bersama kepengurusan di tahun 2021

#TogetherMakeitHappen

13Dec/20

KADER MUDA HIMAKI “Zirkonium” 2020

KADER MUDA HIMAKI “Zirkonium” 2020

      KAMUKI (Kader Muda HIMAKI “Zirkonium”) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Internal, Bidang Pengembangan Organisasi, HIMAKI “Zirkonium”. Serangkaian kegiatan KAMUKI 2020 berlangsung selama 4 hari, yaitu pada tanggal 5, 6, 8, dan 9 Desember 2020. Kegiatan KAMUKI 2020 sepenuhnya berjalan secara daring karena kondisi saat ini sedang bergelut dengan wabah COVID-19. Acara KAMUKI pada tahun ini mengusung tema “Membina Rasa Kekeluargaan antar Individu Guna Terciptanya HIMAKI “Zirkonium” yang Berintegritas”. Pelaksanaan KAMUKI menggunakan platform Zoom dan Google Meet.

Hari pertama kegiatan KAMUKI dilaksanakan pada Sabtu, 5 Desember 2020. Agenda kegiatan pada hari pertama adalah pemaparan materi tentang Keorganisasian, Ke-IKAHIMKI-an, dan Kepanitiaan. Materi Keorganisasian disampaikan oleh Sifril Fuadi, Ketua Umum HIMAKI “Zirkonium” periode kepengurusan 2020. Materi Ke-IKAHIMKI-an disampaikan oleh Muh. Alif Bachtiar, Kepala Departemen Eksternal, Bidang Pengembangan Organisasi, HIMAKI “Zirkonium” periode kepengurusan 2020. Materi Kepanitiaan disampaikan oleh Putri Wahyu F. N., Kepala Bidang Pendidikan dan Penalaran HIMAKI “Zirkonium” periode kepengurusan 2020. Pemaparan materi pada hari pertama diikuti dengan sesi tanya-jawab dan ­sharing-sharing.

Hari kedua kegiatan KAMUKI dilaksanakan pada Minggu, 6 Desember 2020. Agenda kegiatan pada hari kedua adalah pengenalan bidang yang dilakukan menggunakan konsep room to room. Pengenalan bidang dari HIMAKI “Zirkonium” dengan durasi 30 menit per bidangnya menggunakan media Google Meet. Pengenalan bidang diikuti dengan sesi sharing-sharing  dan post test di setiap room. Post test dilakukan melalui media Google Form yang disediakan oleh masing-masing bidang dan materi sesuai dengan yang disampaikan.

Hari ketiga dilaksanakan pada Selasa, 8 Desember 2020. Agenda kegiatan pada hari ketiga adalah bedah Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) bersama bidang dari HIMAKI “Zirkonium”. Staff KAMUKI mengikuti agenda bedah AD/ART dan GBHO bersama bidang yang disesuaikan dengan penempatan mereka. Agenda bedah AD/ART dan GBHO diikuti dengan sesi post test dan sharing-sharing.

Agenda kegiatan KAMUKI 2020 pada hari keempat meliputi pembacaan nilai dan penutupan kegiatan. Serangkaian kegiatan KAMUKI 2020 ditutup pada Rabu, 9 Desember 2020. Penutupan kegiatan dilakukan melalui media Google Meet.

13Nov/20

WORKSHOP INSTRUMENTASI SOFTWARE CHROMELEON

WORKSHOP INSTRUMENTASI SOFTWARE CHROMELEON

Adanya wabah virus corona di Indonesia mengharuskan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Pandemi virus corona telah mengubah tatanan hidup masyarakat dalam menjani kehidupan sehari-hari. Masyarakat ditutut untuk mematuhi peraturan pemerintah untuk tetap di rumah saja. Kegiatan-kegiatan atau interaksi yang seharusnya dapat dilakukan secara langsung dan tatap muka terpaksa harus dilakukan secara online (daring). Salah satu trend kegiatan yang dilakukan secara online di masa pandemi adalah kegiatan webinar. Webinar atau seminar online merupakan suatu kegiatan yang berupa pembelajaran, pembahasan permasalahan, diskusi, atau workshop. Workshop merupakan salah satu jenis webinar yang banyak dilakukan selama pandemi. Workshop atau lokakarya merupakan sebuah kegiatan di mana pesertanya memiliki tujuan untuk mencari solusi guna memecahkan suatu masalah.

HIMAKI “Zirkonium” memiliki salah satu program kerja berupa workshop yang dapat memfasilitasi anggota maupun masyarakat eksternal untuk mencari solusi dari suatu topik permasalahan tertentu. Program kerja ini telah terlaksana pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Kegiatan workshop ini dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting. Workshop kali ini mengangkat tema “Instrumentation of Gas Chromatography by Using Chromeleon Software for Developing Analyzing Data Skills”. Narasumber dalam workshop kali ini adalah Bapak Farhan Afiadi, S. Si., selaku asisten manager PT. Gene-Craft Labs divisi Thermo Scientific. Beliau juga merupakan salah satu penerima sertifikat Chromeleon 7 Chromatography Software Introduction Service Training at Thermo Fisher Scientific Singapore, pada tahun 2016.

Kegiatan ini disambut dengan penuh antusius oleh anggota maupun masyarakat eksternal. Antusiusme ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam workshop instrumentasi ini, bahkan pendaftaran workshop ditutup sebelum tanggal yang seharusnya karena kuota peserta telah terpenuhi. Pokok bahasan yang disampaikan narasumber pada workshop instrumentasi ini antara lain mengenai teori kromatografi, prinsip dasar gas chromatography, instrumentasi gas chromatography, serta metode pengolahan data gas kromatografi menggunakan software Chromeleon. Software Chromeleon merupakan software yang banyak digunakan oleh laboratorium di berbagai industri di seluruh dunia untuk meningkatkan produktivitas laboratorium. Penggunaan software Chromeleon dalam menganalisis data gas kromatografi akan memudahkan pengguna dalam menganalisis hingga mendapatkan hasil dalam waktu yang singkat.

Workshop instrumentasi ini mendapatkan banyak apresiasi dari peserta. Bentuk apresiasi tersebut terlihat dari antusiusme peserta dalam menjawab pertanyaan mengenai meteri yang telah disampaikan narasumber di sela-sela ice breaking. Bentuk apresiasi peserta juga terlihat dari antusiume peserta dalam memperhatikan materi yang disampaikan narasumber hingga akhir acara. Peserta yang telah mengikuti kegiatan workshop instrumentasi ini diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh dari workshop ini serta dapat menemukan solusi dalam mengolah data gas kromatografi. Berikut adalah hasil dokumentasi dari kegiatan workshop instrumentasi: