Category Archives: HIMAKI “Zirkonium”

12Dec/19

Upgrading Pengurus HIMAKI “Zirkonium” Periode 2019

            Upgrading merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh pengurus HIMAKI “Zirkonium” periode 2019 dan dilaksanakan saat kepengurusan baru terbentuk. Upgrading ini memiliki tujuan yaitu untuk megakrabkan diri antar sesama pengurus maupun antar pengurus dengan demisioner. Konsep yang dilaksanakan tahun ini hampir sama dengan konsep tahun lalu yaitu hari pertama ruang dan hari kedua lapang. Hari pertama diikuti oleh pengurus dan demisioner, untuk pendekatan antara demisioner dengan pengurus yaitu dilakukan permainan yang menarik. Permainan ini nantinya ada beberapa kelompok yang isinya sekitar 7 sampai 8 orang dengan anggota pengurus dan demisioner yang di campur secara acak. Pengacakan anggota kelompok ini dilakukan dengan mengambil sedotan yang berisi kertas warna dan yang mendapatkan warna sama maka mereka yang menjadi satu kelompok. Kelompok yang sudah terbentuk memakai pita sesuai warna yang didapat. Permainan yang dilakukan oleh semua kelompok yaitu seperti pindah kardus untuk melatih kekompakan, tebak kata, sambung kata, dan beberapa permainan yang di air.

Upgrading lapang ini yang terakahir diisi dengan sharing kepengurusan tahun sebelumnya atau periode tahun 2018. Pengurus baru pastinya membutuhkan pengalaman dari demisioner, jadi kami selaku pengarus baru ingin menanyakan apa sih yang sudah dilakukan di kepengurusan tahun lalu dan bisa di perbaiki ataupun ditingkatkan pada kepengurusan baru ini. Pengalaman yang disampaikan oleh demisioner pastinya memberi banyak sekali pandangan untuk kita melanjutkan kepengurusan HIMAKI “Zirkonium”. Harapan dari acara upgrading ini yaitu mempererat hubungan pengurus dengan demisioner dan sharing dengan demisioner akan memotivasi kami bersemangat untuk menjalankan kepengurusan selanjutnya.

Upgrading yang kedua yaitu dilakukan di dalam ruang yaitu di RK 1 dan diikuti oleh semua pengurus HIMAKI “Zirkonium” periode 2019 saja. Upgrading yang kedua ini diikuti hanya pengurus saja karena untuk mengakrabkan diri antar pengurus HIMAKI “Zirkonium”. Keakraban antar pengurus ini sangat diperlukan untuk kesuksesan proker bersama yang akan dilaksanakan kedepannya dan akan memudahkan kami untuk bekerja sama. Acara yang kedua ini hanya diisi dengan game dan mengisi kesan pesan melalui surat yang sudah di tempel didepan dengan nama pengurus masing-masing. Upgrading telah dilaksanakan saat pertama kali kepengurusan HIMAKI ”Zirkonium” yang baru dibentuk.

12Dec/19

HIMAKI “Zirkonium” Bagi – Bagi Takjil

Assalamualaikum wr wb. Pada Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Pengurus HIMAKI “Zirkonium” mengajak seluruh warga kimia FMIPA Universitas Jember untuk berpartisipasi dalam acara keanggotaan pada bulan Mei lalu, tepatnya pada 22 Mei 2019. Sebelum menjelaskan info lebih lanjut terkait kegiatan kali ini, ada sedikit info terkait penanggung jawab dari kegiatan ini. Acara ini merupakan salah satu tanggungan non-proker yang dipegang oleh bidang Pengembangan Organisasi (PO) yakni oleh departemen Internal.

Kegiatan ini merupakan acara keanggotaan yang dilakukan untuk mempererat tali silahturahmi antara pengurus HIMAKI “Zirkonium” dengan warga kimia FMIPA Universitas Jember dan menumbuhkan jiwa sosial antara warga kimia FMIPA Universitas Jember dengan seluruh masyarakat Jember. Salah satu acara keanggotaan pada periode kepengurusan HIMAKI “Zirkonium” tahun 2019 dibawah pimpinan Ketua Umum Prastito Hafiz Rachmanda, dilaksanakan acara bagi-bagi takjil di sekitar bundaran Bangka tepatnya di Jalan Jawa, Kecamatan Sumbersari, Jember. Acara bagi-bagi takjil diselenggarakan saat sore hari (menjelang waktu berbuka puasa) sekitar pukul 16.30 WIB.

Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik serta kedatangan beberapa anggota dari HIMAKI “Zirkonium” yang ikut berpartisipasi dan meramaikan acara ini. Acara bagi-bagi takjil bukan hanya mempererat tali silahturahmi dan menumbuhkan jiwa sosial namun penyelenggaraan aksi bagi-bagi takjil juga bermaksud untuk mengisi waktu-waktu kosong menjelang berbuka puasa dengan hal-hal positif pada bulan puasa kali ini. Manfaat lain yang diperoleh dari acara ini adalah terjadi hubungan yang lebih erat antara pengurus HIMAKI “Zirkonium” dengan warga kimia FMIPA Universitas Jember.

06Nov/18

“ODC HIMAKI 2018” Bantu SDI Azziyadah 02 Kemiri Panti Menjadi Lebih Baik.

Awal bulan Nopember ini Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Jember yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) Zirkonium kembali melakukan kegiatan positif tepatnya Sabtu 3 Nopember 2018 kemarin diselenggarakan kegiatan yang diberi nama ODC (One Day from Chemist). “ODC merupakan kegiatan seperti bakti sosial yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian pengurus dan anggota HIMAKI terhadap sesama, khususnya instansi seperti sekolah atau panti asuhan yang membutuhkan bantuan baik dalam bentuk fasilitas maupun bantuan yang lain” jelas Rizka selaku pengurus HIMAKI. Selain pengurus dan anggota HIMAKI Zirkonium, kegiatan ini juga dihadiri oleh Suwardiyanto, Ph.D. selaku pembina dari HIMAKI Zirkonium. ODC sudah berlangsung beberapa tahun yang lalu dan menjadi agenda rutin yang dilakukan satu kali dalam setahun. Pada tahun ini agenda ODC 2018 dilaksanakan di Desa Kemiri, Kecamatan Panti Kabupaten Jember tepatya di SDI Azziyadah 02. Continue reading

21Sep/18

Olimpiade Kimia Indonesia Se-Jawa Timur dan Bali Membawa Hasil Mengejutkan

Olimpiade Kimia Indonesia (OKI) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) “Zirkonium” Universitas Jember. Setelah tahun lalu terfokus di Jawa Timur, kali ini HIMAKI melebarkan sayap ke Bali. Dibukanya rayon baru ini menambah jumlah rayon menjadi delapan, yang meliputi: Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Pasuruan, Kediri, Madura, dan Bali.

Sebanyak 89 tim mengikuti babak penyisihan pada Minggu (9/9) serentak di delapan kota rayon. Lima belas tim yang lolos babak penyisihan mengikuti babak final di gedung Jurusan Kimia Universitas Jember pada Sabtu (15/9) . Dari tes tulis hingga tes praktikum, terpilih lima tim yang lolos babak final, diantaranya adalah SMAN 2 Lumajang (2 tim), SMA 4 Denpasar, SMAN 1 Sooko, dan SMAN 3 Malang. Continue reading