Alasan Mengapa Gas Nitrogen Lebih Banyak dibanding Oksigen dalam Atmosfer Bumi

              “Kenapa sih kandungan udara dalam atmosfer bumi kita paling banyak Nitrogen ?” . Hal ini memang dapat menjadi pertanyaan yang menarik, karena seperti yang kita ketahui kandungan Nitrogen di udara jauh lebih banyak dibanding Oksigen di atmosfer bumi kita, sedangkan seluruh makhluk hidup membutuhkan Oksigen untuk proses respirasi (pernafasan) dan bukan Oksigen.

                Kita meneganl atmosfer sebagai udara yang ada disekitar kita dengan ketinggian sampai 1.000 km. Sewaktu bumi kita ini tumbuh, atmosfer mulai terbentuk (gas gas yang terjebak dalam planetesimal lepas dan akhirnyalah menyelimuti bumi kita ini). Dengan oksigen yang dilepas oleh tumbuhan purba bumi, menyebabkan udara atmosfer bumi kita semkain tebal. Nah, susunan gas atmosfer pada bumi kita ini terdiri dari gas Nitrogen (N2) sebanyak 78%, Oksigen (O2) 21%, dan gas gas lainnya (Ar, CO2, Ne, CH4, He, H2) hanya sekitar 1% saja.

carcare_829122_600

Nitrogen diatmosfer bumi jauh lebih banyak dari Oksigen, tapi ingat kita tidak boleh melupakan jumlah relatif antara Oksigen dan Nitrogen yang ada diseluruh bumi. Kenyataanya, jumlah relatif Oksigen di seluruh bumi jauh lebih melimpah dibanding Nitrogen. Oksigen merupakan komponen utama pada bumi padat, bersama dengan Si, Mg, Ca, Na. Sedang Nitrogen sendiri tidak stabil untuk menjadi bagian dari kisi kristal sehingga ia tidak dimasukkan dalam bumi padar, dan karena alasan inilah Nitrogen diperkaya dan diperbanyak diatmosfer bumi (karena fungsi Nitrogen juga tak kalah vital dari Oksigen untuk menunjang kehidupan yakni sebagai unsur dari pembuatan asam amino sebagai arsitekstur dasar dari protein). Nah, Nitrogen memang tak stabil untuk menjadi bagian dari kisi kristal, tapi ia sangat stabil ketika berada di atmosfer bumi tidak seperti Oksigen yang tak stabil dan kebanyakan terlibat dalam proses berbagai reaksi kimia disana. Nitrogen juga sangat stabil dengan radiasi sinar matahari. Oksigen sangat reaktif dibanding Nitrogen yang bersifat inrt (stabil). Keberadaan O2 pada dasarnya juga tak alami. Di planet planet lainnya O2 sendiri hanya bisa terbentuk melalui proses yang berenergi tinggi, karena itulah dengan prosentasi 21% diatmosfer bumi kita ini merupakan angka yang sangat besar karena dibelahan planet lain kadar O2 sangatlah kecil.

             Nah, lalu Oksigen sendiri hanya menempati posisi 21% diatmosfer bumi, bagaimanakah ia dapat mendukung kehidupan fungsionalnya di bumi ? Apakah tidak lebih baik saja Tuhan menciptakan kadar Oksigen yang sangat banyak dan stabil untuk bisa mendukung kehidupan ? O2 merupakan molekul vital yang mana diperlukan untuk proses respirasi (pernafasan). Dengan proses respirasi inilah, maka metabolism dalam tubuh akan dapat berjalan dengan sangat baik. Sedang metabolism merupakan reaksi kimia dalam tubuh yang menyokong kehidupan kita. Tanpa oksigen maka percuma saja semua makhluk hidup takkan bisa memperoleh energy untuk bisa bertahan hidup. Tuhan Maha Esa dan Tidak ada Keraguan Untuk-NYA, karena angka 21% adalah angka yang tepat sekali untuk kehidupan. Dalam buku NATURE’S DESTINY How The Laws Of Biology Reveal Purpose In The Universe karya Michel J. Denton,  kadar Oksigen 21% merupakan angka yanga aman untuk kehidupan dan jika kadar oksigen naik 1% saja, maka kemungkinan akan terjadi resiko kebakaran sebanyak 70%. Fantastis, bukan ? Oksigen juga dihasilkan dari daur yang sangat sempurna, dimana tumbuhan memakai CO2 (bekas buangan dari makhluk hidup lain) dan kemudian menggunakannya untuk fotosintesis dan dari proses fotosintesislah, O2 kembali dibentuk dan dilepas sebagian digunakan oleh tumbuhan untuk respirasi juga), O2 yang dilepas dipakai lagi untuk makhluk hidup lain berrespirasi. Tanpa kerjasama yang sempurna ini, maka planet Bumi kita akan mati. Jadi,kegiatan (siklus) inilah yang menyumbanga ndil yang besar dalam mengatur kadar 21% ini. Marilah kita berterimakasih pada Tuhan Semesta Alam yang mengatur ini semua.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *