Final Olimpiade Kimia Indonesia ACETONE

Olimpiade kimia indonesia se-Jawa Timur yang diadakan Jurusan Kimia Universitas Jember telah memasuki babak final. Babak final ini diikuti oleh peserta dengan perolehan skor semifinal yang meliputi soal essay dan praktikum tertinggi untuk memperebutkan juara satu, dua dan tiga. Finalis merupakan 2 tim yang berasal dari SMAN 2 Lumajang dan 1 tim dari SMAN 2 Jember.
Babak final berlangsung dengan sistem cerdas cermat meliputi 3 tipe soal. soal wajib yang berjumlah 10 soal dengan bobot yang berbeda dan harus dikerjakan dengan waktu sesuai tingkat kesulitan soal. soal amplop  yang diberikan pada masing-masing finalis berisi 5 soal, apabila tim tersebut tidak dapat menjawab maka soal dapat diperebutkan oleh tim lainnya. Soal yang terakhir adalah soal berebut dengan skor yang berbeda pada tiap bobot soalnya, tim yang akan menjawab harus memecet bel yang telah disediakan.

finalis bersaing secara sportif untuk mengerjakan dan menjawab soal demi soal yang diberikan oleh tim soal. Semua tim bersaing untuk menjawab soal amplop yang dilempar oleh tim lain. Pada babak soal berebut, terjadi keheningan karena finalis terlihat jera dengan sistem pengurangan point yang diberikan. Setelah diumumkan perolehan skor pada soal wajib dan soal amplop, finalis mulai berani menjawab soal yang diberikan oleh juri.

Setelah bersaing sekitar 2 jam pada babak final, diperoleh pemenang dengan akumulasi nilai 257,5 untuk juara 3 atas nama Wahyu pamungkas & Michael Adrian Subagio dari SMAN 2 Lumajang, juara 2 dengan akumulasi nilai 275,5 atas nama Dinda Zakia Permata Aji & Tamma Nisrina Lutfi dari SMAN 2 Jember dan niai 406,5  yang dimenangkan oleh Yoga Ageng Pangestu & Liangga Santoso dari SMAN 2 Lumajang. Sedangkan berdasarkan perolehan skor pada babak semifinal, Harapan 1 dimenangkan oleh Ilman Al Farobi & Faisal Farris S dari SMAN 1 Giri Banyuwangi dan harapan 2 dimenangkan oleh Zuhrotur Rofiah & Amirah Eno Ardiningrum dari SMAN 1 Situbondo.