Profil Himpunan Mahasiswa Kimia “Zirkonium”

HIMAKI merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Kimia yang berperan sebagai wadah aspirasi dan kreasi mahasiswa kimia dan bertujuan untuk meningkatkan kerjasamadengan organisasi yang sesuai dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) guna meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam.<!–more–HIMAKI “Zirkonium” merupakan organisasi Himpunan Mahasiswa Kimia yang ada di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember, organisasi ini merupakan satu-satunya organisasi yang ada di jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember.

HIMAKI berdiri pada kamis, 4 September 1997 dengan berdasarkan Pancasila, UUD 1945, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan AD/ART HIMAKI. Saat awal terbentuk, HIMAKI jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember belum memiliki nama atau identitas seperti saat ini. Nama “Zirkonium” diresmikan saat kepemimpinan Evan Agus Maulana (2016). Sejak saat itu hingga sekarang nama Himpunan Mahasiswa Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember menjadi HIMAKI “Zirkonium”. Nama “Zirkonium” menggambarkan HIMAKI yang bersifat ulet, fleksibel dan berpendirian teguh.

Adapun visi dan misi HIMAKI “Zirkonium” adalah :

Visi

HIMAKI “Zirkonium” sebagai wadah peningkatan kualitas anggota di bidang organisasi maupun akademik yang kritis, inovatif, profesional, serta berwawasan lingkungan.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas anggota
  2. Menumbuhkembangkan potensi anggota di bidang akademik maupun non akademik yang kritis, inovatif, profesional, serta berwawasan lingkungan.

Badan pengurus organisasi HIMAKI “Zirkonium” dipimpin oleh seorang Ketua Umum yang dibantu oleh Sekertaris Umum, Bendahara Umum, Kepala Bidang dan Kepala Departemen. Bidang-bidang organisasi HIMAKI “Zirkonium” terdiri dari Bidang Dana dan Usaha (DANUS), Bidang Pengembangan Organisasi (PO), Bidang Informasi dan Komunikasi (INFOKOM), Bidang Pendidikan dan Penalaran (PP), Bidang Pengabdian Mahasiswa (PEMAS) dan Bidang Logistik. Bidang-bidang tersebut masih terbagi menjadi beberapa departemen guna meningkatkan kinerja HIMAKI “Zirkonium” untuk mencapai tujuan serta visi dan misi organisasi. Bidang yang memiliki departemen yaitu Bidang Pengembangan Organisasi (PO) dan Bidang Pendidikan dan Penalaran (PP). Bidang Pengembangan Organisasi (PO) terdiri dari dua departemen yaitu Departemen Internal dan Departemen Eksternal. Bidang Pendidikan dan Penalaran (PP) terdiri dari Departemen Akademik dan Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Masing-masing departemen memiliki seorang Kepala Departemen yang berkoordinasi langsung dengan Kepala Bidang. Anggota HIMAKI “Zirkonium” merupakan seluruh mahasiswa jurusan kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember yang telah lulus orientasi dan/atau telah dilantik oleh pembina, ketua umum atau perwakilan pengurus.