WORKSHOP INSTRUMENTASI SOFTWARE CHROMELEON

WORKSHOP INSTRUMENTASI SOFTWARE CHROMELEON

Adanya wabah virus corona di Indonesia mengharuskan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Pandemi virus corona telah mengubah tatanan hidup masyarakat dalam menjani kehidupan sehari-hari. Masyarakat ditutut untuk mematuhi peraturan pemerintah untuk tetap di rumah saja. Kegiatan-kegiatan atau interaksi yang seharusnya dapat dilakukan secara langsung dan tatap muka terpaksa harus dilakukan secara online (daring). Salah satu trend kegiatan yang dilakukan secara online di masa pandemi adalah kegiatan webinar. Webinar atau seminar online merupakan suatu kegiatan yang berupa pembelajaran, pembahasan permasalahan, diskusi, atau workshop. Workshop merupakan salah satu jenis webinar yang banyak dilakukan selama pandemi. Workshop atau lokakarya merupakan sebuah kegiatan di mana pesertanya memiliki tujuan untuk mencari solusi guna memecahkan suatu masalah.

HIMAKI “Zirkonium” memiliki salah satu program kerja berupa workshop yang dapat memfasilitasi anggota maupun masyarakat eksternal untuk mencari solusi dari suatu topik permasalahan tertentu. Program kerja ini telah terlaksana pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Kegiatan workshop ini dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting. Workshop kali ini mengangkat tema “Instrumentation of Gas Chromatography by Using Chromeleon Software for Developing Analyzing Data Skills”. Narasumber dalam workshop kali ini adalah Bapak Farhan Afiadi, S. Si., selaku asisten manager PT. Gene-Craft Labs divisi Thermo Scientific. Beliau juga merupakan salah satu penerima sertifikat Chromeleon 7 Chromatography Software Introduction Service Training at Thermo Fisher Scientific Singapore, pada tahun 2016.

Kegiatan ini disambut dengan penuh antusius oleh anggota maupun masyarakat eksternal. Antusiusme ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam workshop instrumentasi ini, bahkan pendaftaran workshop ditutup sebelum tanggal yang seharusnya karena kuota peserta telah terpenuhi. Pokok bahasan yang disampaikan narasumber pada workshop instrumentasi ini antara lain mengenai teori kromatografi, prinsip dasar gas chromatography, instrumentasi gas chromatography, serta metode pengolahan data gas kromatografi menggunakan software Chromeleon. Software Chromeleon merupakan software yang banyak digunakan oleh laboratorium di berbagai industri di seluruh dunia untuk meningkatkan produktivitas laboratorium. Penggunaan software Chromeleon dalam menganalisis data gas kromatografi akan memudahkan pengguna dalam menganalisis hingga mendapatkan hasil dalam waktu yang singkat.

Workshop instrumentasi ini mendapatkan banyak apresiasi dari peserta. Bentuk apresiasi tersebut terlihat dari antusiusme peserta dalam menjawab pertanyaan mengenai meteri yang telah disampaikan narasumber di sela-sela ice breaking. Bentuk apresiasi peserta juga terlihat dari antusiume peserta dalam memperhatikan materi yang disampaikan narasumber hingga akhir acara. Peserta yang telah mengikuti kegiatan workshop instrumentasi ini diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh dari workshop ini serta dapat menemukan solusi dalam mengolah data gas kromatografi. Berikut adalah hasil dokumentasi dari kegiatan workshop instrumentasi: