Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu kegiatan yang dibawahi oleh Menristekdikti. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa.

Melalui kegiatan ini kualitas mahasiswa di perguruan tinggi diharapkan semakin meningkat agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, professional, dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan Ipteks guna memberdayakan budaya nasional.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan kegiatan yang berupa pembiayaan dari ide kreativ mahasiswa yang terpilih berdasarkan seleksi proposal yang dikirim ke Menristekdikti. Seleksi proposal PKM merupakan seleksi tingkat nasional dan dari seluruh perguruan tinggi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi presentase diterimanya proposal adalah dalam penulisan proposal. Penulisan proposal yang baik diharapkan dapat menunjang gagasan/ide sehingga dapat meyakinkan pembaca mengenai ide/gagasan yang ditawarkan.

HIMAKI “Zirkonium” sebagai organisasi dijurusan kimia memfasilitasi mahasiswa kimia dalam pelatihan PKM dengan tema “Meningkatkan Kreatifitas, Kualitas, dan Profesionalitas Menuju PIMNAS”. Pelatihan PKM yang diseleggarakan oleh HIMAKI “Zirkonium” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menuangkan ide ke dalam suatu tulisan melalui proposal PKM. Kegiatan ini dilakukan dengan membuat suatu forum untuk mendiskusikan dalam pembuatan tema hingga penyusunan proposal PKM. Kegiatan ini dibagi menjadi dua forum, yaitu PKM-penelitian yang terdiri dari: PKM-P, PKM-KC dan PKM-T dan PKM-non penelitian yang terdiri dari : PKM-M dan PKM-K. Forum PKM-penelitian dibimbing oleh Bapak Suwardiyanto, S.Si., M.Si., Ph.D sedangkan forum PKM-non penelitian dibimbing oleh Bapak Agung Budi Santoso, S.Si., M.Si. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa kimia Universitas Jember turut serta dalam meningkatkan kemajuan bangsa Indonesia dengan berpartisipasi mengajukan proposal PKM.